"PRIMA DALAM PELAYANAN, PRIMA DALAM PENAMPILAN DAN PRIMA DALAM PRESTASI" Pusat Informasi Dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK KRR) SMA N 2 WONOSARI YOGJAKARTA

Minggu, 21 Februari 2010

PERCAYA DIRI
( Rinawati, S.Pd )

A. Permasalahan : Sebagian orang Cenderung merasa kurang PD, kenapa?

1. Penampilan

Orang cenderung kurang PD karena merasa bahwa penampilan ( fisiknya )nya “kurang pas “ pada lingkungan dimana ybs harus tampil.

2. Wawasan

Orang cenderung kurang PD karena merasa bahwa orang tersebut kurang memiliki wawasan yang relevan di lingkungan dma ybs harus tampil.

3. Niatan

Orang cenderung kurang PD apabila niatan untuk menghadapi orang lain berada di posisi yang tidak diuntungkan, misalnya mau pinjam uang.



B. Pembahasan

1. Penampilan fisik seseorang memang penting, tapi tidak semua orang menilai orang lain didasarkan pada penampilan fisik semata, sehingga ada pepatah Don’t justify the book from the cover. Demikian juga halnya, dalam ceramah dikatakan jangan lihat siapa yang berbicara, tapi dengarlah apa yang dibicarakan, karena kebenaran hakiki sering muncul dari orang-orang yang terzolimi, suara rakyat adalah suara Tuhan.

2. Wawasan dan pemahaman terhadap suatu permasalahan di salah satu bidang atau topic tertentu perlu didalami, terkadang orang cenderung under-istimate terhadap diri sendiri.Ingatlah bahwa semua ilmu pengetahuan itu pasti ada manfaatnya, maka ketahuilah. Apabila air lautan di bumi ini dijadikan tinta maka tidak akan cukup untuk menuliskan ilmu pengetahuan yang Tuhan ciptakan.

3. Terkadang sikap ragu mendadak muncul ketika kita akan melakukan sesuatu. Cobalah kita ingat dengan cermat, keraguan muncul apabila tindakan yang akan kita lakukan itu mengandung “resiko” bagi kita. Lebih lanjut terkait dengan resiko, “interest” ( yang negative ) dari seorang berkorelasi positif dengan resiko. Dasar niatan positif syukur dilandasi dengan dasar Lillahita’ala, insya Alloh semuanya aman tertib, lancar, dan sukses.



C. Kesimpulan

1. Penampilan fisik menjadi tidak begitu penting apabila kita mampu menghasilkan sesuatu yang berkualitas, ingat seorang seniman dengan penampilan yang „seadanya“ mampu menciptakan sebuah simphony yang merdu, lukisan yang mempesona, dan atau patung yang menawan.

2. Minimalkan under-istimate terhadap diri kita, yakinkan diri bahwa dalam bidang tertentu kita tentu memiliki kelebihan dari mereka. Carilah pada diri masing-masing apa kelebihan itu dan pupuklah agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Itulah bekal sebaik-baiknya , bekal untuk meniti hidup.

3. Niat baik, niat membantu, niat memberi akan meminimalkan resiko yang tentu berdampak akan menghilangkan keraguan.



Dan pada akhirnya akan PD-lah kita. Ingatlah wahai remaja Penampilan itu memang penting, tapi bukan segala-galanya, yang terpenting adalah hasil yang anda capai.

0 Comments: